Skip to Content | Skip to Menus | Copyright?

Posted on

Salah satu hal yang (mungkin paling ) dihindari saat website tayang adalah tampilnya notifikasi error.  Sebut aja mulai dari file not found, sampai error dengan bahasa ajaibnya :P

Tampilnya notifikasi error di sisi frontend dan apalagi kalau sampai terlihat oleh pengunjung manusia lumayan memalukan, apalagi kalau sampai halaman dengan tampilan error tersebut ter-index oleh mesin pencari…baca sunggu bikin malu :D

Pada kebanyakan tips yang saya temui di internet umumnya mengajarkan dengan cara modifikasi pada file wp-config.php melalui :

define('WP_DEBUG', true);

saja !

Sampai disini error dijamin gak muncul, tapi bukan berarti bebas error :P

Tips kali ini adalah dengan :

define('WP_DEBUG', true); 
define( 'WP_DEBUG_LOG', true ); 
define( 'WP_DEBUG_DISPLAY', false );

apa beda kedua cara diatas? Bukannya sama-sama menyembunyikan tampilan error dari pandangan mata yang tidak seharusnya ?

Klo cara pertama maka error tidak ditampilkan, dan kita pun dibuat terlena dan berleha-leha seolah-olah semua baik-baik saja, padahal … tidaaaakkk !#@?

Cara kedua, tampilan error ( sebagai aib ) tidak tampil untuk publik, namun akan tampil sebagai file debug.log yang tersimpan dengan rapi di dalam folder wp-content. Sampai disini, aib error tidak muncul kemana-mana, dan cukup sebagai bahan investigasi kita aja ( sebagai  pengelola web dan pastinya developer ).

Tampilan debug.log kurang lebihnya seperti pada thumbnail di atas.

Trus, bagaimana nasib error log itu sendiri?

ya itu tugas yang harus diselesaikan untuk diselidiki, dan dilanjut dengan penyidikan lebih lanjut. Kalo semua data sudah jelas, saatnya perbaikan.

Tips ini tidak menjelaskan seperti apa Penanganan Pertama Pada Kode Error ( P3K Error ), mungkin di lain artikel ?

sampai ketemu di tips lainnya masih di sesi InTips, bukan ngintip :P

Last Modified on :

CopyRight & Left : ©2007 - now and forever

part of DeVio Multimedia

TOS - Help - Contact - About

Developed with DeVio Playground - Theme Framework