Browser boleh beda, tampilan tetap sama

Mau tahu seperti apa tampilan situs yang dilihat oleh pengunjung? Pengunjung datang dengan ragam jenis browser dan tipe system operasi. Apakah tampilan yang dilihat sama seperti yang kita buat? Mau tahu lebih lanjut …silakan baca terus (kalo gak diterusin gimana mau tahu… weee)

Sebagai web developer apapun levelnya tentunya ada keinginan web site yang dibuat bisa dilihat dan dikunjungi oleh pengunjung yang jumlahnya (diharapkan) semakin hari semakin banyak.

Membuat dan menyajikan web site seperti meletakkan rumah di belantara internet, dimana setiap hari ada peningkatan jumlah yang kalo mau diitung pake jari kayaknya bisa lebih dari sekedar kumpulan orang di lapangan bola terus dihitung jumlah jarinya. (gw sih gak mau…kalo ada yang mau terserah aja).

Bikin web mulai dari jangka waktu 1 hari (simsalabim) sampai hitungan bulan (kalo dibuat dalam waktu 7 bulan mustinya ada nujuh bulanan-nya tuh …asiik).
Kendala tampilan yang beraneka ragam di tiap browser pun menjadi kendala? atau tantangan tersendiri buat developer. Tapi apakah kita harus menguji semua tampilan website di semua browser di semua operating system?
Idealnya YA, kalo perlu Ya ya ya….gitu deh.

Selintas berat juga ya, sepertinya harus menggunakan sejumlah operating system, install macam-macam browser dll. GUBRAK…jungkir balik deh.

Triknya sederhana gak pake syarat macam-macam. Mau tahu… (buat yang belum tahu, yang udah tahu lewat aja deh).

Biasakan membuat website sesuai kaidah / standar yang direkomendasikan oleh konsorsium W3C, dan tentunya disesuaikan dengan jenis website yang akan atau sedang dibuat.

Saya gak mau ngetik standar macam apa saja di W3C (untuk saat ini), setidaknya sesuaikan saja dengan jenis web yang akan ditayangkan.

Tampilan situs di beberapa browser dapat berbeda, misalkan tampilan di Firefox dapat berbeda dengan di IE6, atau Opera. System operasi juga sedikit banyak menyumbang perbedaan ini.

Kalo mau tahu seperti apa tampilan situs Anda di beberapa browser yang berbeda (termasuk beda OS), silakan test di Browsershots.org. disana ada tools untuk menguji seberapa beda atau sama tampilan di sejumlah browser.

Tampilan gagal dengan sukses saat diuji dengan >= IE6, css hacking for IE nih

Dari hasil pengujian, tampak dengan jelas bahwa mayoritas browser yang beredar mengikuti standar / rekomendasi yang ada, sedangkan untuk IE5.5 dan IE6 sebagai produk lawas alias jadul (jaman baheula) berani tampil beda. Apakah ini sebagai pertanda (kayaknya dah jelas, bukan tanda lagi) tidak lagi disupport oleh Oom Bill Gates?
So, buat pengguna IE6 (kayaknya masih banyak), sebaiknya migrasi ke browser yang lebih baru atau browser yang lainnya, daripada bete sendiri…

Berikut cuplikan hasil test untuk Myfia On The Web di sejumlah browser dengan variasi system operasi (untuk BSD, belum diuji coba- dah keburu tidur gw-nya) :

Link tampilan diberbagai browser akan segera update…(upload gambar yang baru lagi)

Comments are closed.