Password admin yang terlupakan

Pernah mengalami lupa password?

Hal yang lumrah dan boleh dibilang “wajib” hukumnya….he he he.

Bagaimana kalau yang terlupakan adalah password untuk login sebagai admin di suatu website?

Kondisi macam ini seringkali saya alami, terutama saat masih di localhost, ada beberapa model web yang dibuat buat demo, tiap klien satu demo. passwordnya beda-beda pula, dan dari sinilah mulai namanya lupa password.

Nah, biasanya reaksi yang muncul adalah harap-harap cemas, tegang (apalagi kalau saat itu ‘ditemani‘ boss… bisa keringat dingin tuh.

solusinya mudah dan murah. mau tahu caranya…?

Tips ini sudah banyak beredar di internet, dan alasan kenapa ditulis di MOTW, ya setidaknya kalau suatu saat saya mengalami hal ini lagi saya tidak repot-repot mencari kesana-kemari. Tinggal browsing MOTW dan ketemu.

OK, to the code,

Diasumsikan anda memiliki akses ke database, tempat dimana data password disimpan.Untuk lebih mudahnya, dalam contoh ini saya menggunakan system Joomla dan WordPress (pakai yang lain juga boleh), prinsipnya sama kok (sotoy neh).

 

bermain-main di phpMyAdmin

masuk ke phpMyAdmin, tool database yang umum digunakan, baik di lingkungan server local maupun server interlokal eh server online (yang anda butuh koneksi internet kedalamnya)

  1. masuk ke phpMyAdmin (kalau ada akses ke CPanel Hosting, ada menu phpMyAdmin – klik deh)
  2. pilih database name yang sesuai dengan konfigurasi website Anda (terutama buat yang rombongan – sewa satu hosting buat beberapa web)
  3. pilih tabel user (by default namanya prefix_user, dimana prefix ini bisa berbeda-beda, sesuai selera sih)
  4. pada username yang kita melupakan (terlupakan) passwordnya, lakukan edit pilih field password (kalo di Joomla) dan atau user_pass (WordPress).
  5. pada isian Value untuk password, masukkan password baru (apa saja, yang mudah diingat)
  6. selanjutnya pada isian Function , dari select option, pilih MD5.
  7. Klik tombol Go (disesuaikan dengan bahasa default di phpMyAdmin-nya ya)
  8. LogOut dari phpMyAdmin

Tahap berikutnya,

silakan masuk ke admin panel dengan menggunakan password baru tersebut.

selanjutnya amat sangat disarankan untuk melakukan Change Password dari sytem admin panel, supaya password bisa terintegrasi baik dan menyesuaikan diri dengan system web yang Anda pakai.

Catatan: bila anda masih di localhost (bukan server online), akses ke phpMyAdmin adalah melalui : http://localhost/phpmyadmin (edited: berdasarkan pertanyaan di salah forum komunitas)

So, tidak perlu harap-harap cemas, tegang dan keringat dingin kan. Dengan sedikit demo ini di depan boss Anda, ada kemungkinan boss akan menganggap Anda lumayan (kalau mau lebih dari lumayan juga boleh) jago, apalagi kalau ternyata boss Anda yang mau login ke system web yang lupa passwordnya.

sampai ketemu lagi.

Comments are closed.